ISD dengan Teknologi Informasi

BAB I

1.1    LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan merupakan suatu proses dimana manusia dapat meningkatkan pemahaman, pemikiran dan perkembangan untuk meningkatkan daya pikir seseorang agar lebih baik lagi. Ilmu pengetahuan terbagai atas beberapa aspek, seperti: di bidang komunikasi, pengetahuan sosial,terapan dan alam, bidang teknologi, dan lain-lain. Pengetahuan semakin berkembang dari waktu ke waktu dan menghasilkan banyak penelitian yang menghasilkan suatu penemuan yang baru.
Salah satu aspek yang paling berkembang adalah di dalam bidang Teknologi dan Informatika. Di dalam kehidupan sosial kita sehari-hari kemajuan yang terjadi dalam bidang teknologi sangat erat kaitannya dengan masyarakat dalam berkomunikasi menggunakkan berbagai teknologi yang ada sekarang. Selain lebih mudah dalam berkomunikasi dan lebih cepat, kemajuan teknologi sekarang sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti perdagangan, pendidikan, pemerintahan, dan sebagainya.
Di dalam dunia perdagangan atau E-Commerce biasanya para pembeli dan pedagangnya sama-sama menginginkan kemudahan dalam bertransaksi jual belinya. Dari segi penelitian zaman sekarang makin banyak penjualan menggunakan berbagai jenis teknologi misalnya ada jual beli online, dengan gadget yang ada sekarang pun sudah bisa berjualan seperti munculnya blackbarry kita jadi lebih mudah berjualan.
Dengan adanya kemajuan teknologi dalam bidang perdagangan ini di harapkan bisa dipergunakan dengan baik oleh para masyarakat supaya lebih mudah dan efisien dalam membeli sesuatu atau menawarkan sesuatu dalam dunia usahanya.

2.2 PERUMUSAN MASALAH
Dalam proposal yang akan di buat timbul perumusan masalah seperti :
1.    Definisi dari E-Commerce itu sendiri.
2.    Manfaat dari E-Commerce.
3.    Serta contoh-contoh dari E-Commerce.

BAB II
TEORI-TEORI dan KERANGKA PENELITIAN
2.1 Definisi E-Commerce
E-Commerce adalah suatu proses untuk membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis.
2.2 Manfaat E-Commerce Dalam Dunia Bisnis
Ada beberapa manfaat dalam menggunakan E-Commerce diantaranya :
a.    Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b.    Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.
c.    Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d.    Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e.    Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f.    Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
2.3 Ancaman yang Timbul Mengenai E-Commerce
Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan aset-aset yang berharga.
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
• System Penetration
Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
• Authorization Violation
Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
• Planting
Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
• Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
• Communications Tampering
Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
• Denial of service
Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
• Repudiation
Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja.
2.4 Contoh-contoh Penjualan Yang Ada Dalam E-Commerce
1. VonDutch.com
Situs ini menawarkan berbagai macam desain label yang antik/klasik.
Kelebihan: Tampilan visualisasinya sangat baik, baik itu tampilannya maupun desainnya.
Kekurangan: Belum begitu jelas apa yang akan ditawarkan dan diperuntukan buat siapa.
2. heartbreakerfashion.com
Situs ini menampilkan berbagai macam fashion/model
Kelebihan: Fashion yang ditawarkan sangat matching.
Kekurangan: Hanya bisa merefrensikan tanpa harus menyediakan.
3.    hunters.co.nz
Situs ini bergerak dibidang restorant dan menu utamanya adalah minuman anggur.
Kelebihan: Produk yang ditawarkan begitu menarik dan penasaran untuk dicoba.
Kekurangan: Info dari produknya kurang begitu lengkap, dan berkesan monoton.
4.    iklaninstan.web.id
Situs ini bergerak dibidang jasa tips-tips E-Commerce
Kelebihan: Infonya sangat lengkap
Kekurangan: Hanya sebatas memberi info tanpa harus menyediakan produk  yang akan dipasarkan

5.    amazon.com
Situs ini bergerak dibidang penjualan asesoris.
Kelebihan: Produk yang ditawarkan cukup lengkap, harga,  model dan variasinya.
Kekurangan: Tida begitu jelas prosedur pemesanannya.

•    KERANGKA PENELITIAN

Untitled

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1    Cara Pengumpulan Data
•    Metode Mencari di Internet : Dengan melakukan pencarian data di google mengunjungi situs http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html
•    Metode Wawancara : Melakukan wawancara kepada orang yang mengerti dalam    bidang ini untuk mengetahui contoh-contoh E-Commerce.

Tinggalkan komentar