Pendapat Mengenai Negara dengan Hukum

Pendapat Kita Mengenai Negara dengan Hukum

            Hukum adalah suatu sistem dalam pemerintahan yang berisi aturan-aturan serta larangan yang bersifat mengikat dan harus ditaati dan apabila ada yang melanggar mereka dapat dikenakan sanksi atau hukuman.

Negara adalah sebagai alat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan manusia dengan masyarakat, bersifat mengatur kegiatan yang dilakukan masyarakat pemerintah untuk mencapai tujuan yang sama yaitu untuk memajukan sebuah Negara itu sendiri.

Menurut pendapat saya Negara dengan hukum itu memiliki suatu hubungan yang erat yang mungkin sulit untuk dipisahkan, Negara dan hukum memiliki sifat mengikat yang bertujuan untuk menertibkan anggota masyarakat atau warganegara dalam suatu Negara serta mengayomi masyarakat supaya hidup dengan sejahtera dan aman, serta masyarakat juga mempunyai kewajiban untuk mematuhi peraturan-peraturan yang ada di suatu Negara tersebut, apabila melanggarnya pasti ada sanksinya dan hukumannya masing-masing. Dalam tiap Negara pasti memiliki suatu hukum yang berlaku di dalamnya tidak mungkin suatu Negara tidak memiliki hukum, karena hukum dalam suatu Negara berfungsi untuk mencegah, memberi peringatan serta memberi hukuman kepada pemerintah serta masyarakat yang ingin merusak citra suatu Negara, hukum di Negara juga berfungsi untuk menertibkan masyarakat agar tidak melenceng dari tugas-tugas yang diberikan suatu Negara.

Hubungan suatu Negara dengan Hukum harus seimbang dan adil, tapi sayangnya zaman sekarang banyak sekali hal yang tidak mencerminkan keseimbangan anatara Negara dengan hukum tersebut. Contoh saja Negara Indonesia dimana hubungan Negara dengan hukumnya tidak baik, sepertinya hukum di Negara Indonesia mudah saja dibeli oleh orang-orang yang mempunyai kekuasaan lebih, mereka bisa terbebas dari hukuman-hukuman yang seharusnya mereka dapatkan. Tapi berbeda hal dengan orang-orang miskin dan memiliki kasus yang kecil tapi mereka langsung dikenakan hukuman yang berat, jadi ada ungkapan “penjara hanya untuk orang-orang miskin” sedangkan para petinggi-petinggi bisa berkeliaran bebas meskipun dengan kesalahan besar. Jadi menurut saya dalam suatu Negara itu harus memiliki dasar keadilan yang tinggi dan tidak mementingkan serta membedakan dari kalangan mana saja hukum itu tetap harus diberlakukan supaya suatu Negara juga bisa menjadi lebih maju dan menjadi contoh untuk Negara-negara lainnya. Hukum itu seharusnya bersifat adil dan Negara seharusnya bisa mengatur hukum didalamnya menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s