Peranan Anak dalam Keluarga dan Masyarakat

Peran dan Kegiatan Kita sebagai Individu dalam Keluarga dan Masyarakat

 

Keluarga ? Menurut pendapat saya keluarga itu sangat penting dalam kehidupan kita. Mengapa begitu ?  Ya dari sejak kecil kita dilahirkan selalu berada di tengah-tengah keluarga jadi keluarga itu membantu kita menentukan akan jadi anak seperti apa nantinya kita saat kelak sudah besar, karena didalam keluarga itu kita diajarkan bersosialisasi, diberikan pendidikan serta kita akan diberikan sebuah kasih sayang dan menjadi tempat berlindung. Misalkan : Jika seorang anak dilahirkan dan dirawat dengan cara yang salah dan tidak baik oleh keluarga kemungkinan besar anak itu akan terbawa menjadi anak yang tidak baik juga misalnya anak itu kurang perhatian keluarga nah nantinya anak itu bisa terjerumus ke dalam pergaulan luar yang berbahaya dan sebaliknya jika kita dilahirkan di keluarga yang baik dan di didik dengan baik dari kecil pastinya anak itu akan memiliki masa depan yang lebih baik karena dia sudah punya pemikiran dan etika yang baik.

       Peran seorang anak menurut saya sangat bermacam-macam dari kita berusia kecil sampai kita dewasa . Saat usia kita masih kecil memang kita tidak punya peran atau tanggung jawab, tapi saat kita sudah memasuki usia remaja kita sudah mulai harus memikirkan untuk meringankan pekerjaan yang berhubungan dengan diri kita sendiri yang biasanya masih dilakukan orangtua . Saya tinggal bersama keluarga saya dengan memiliki satu kaka perempuan, dan didalam keluarga selama ini saya memiliki beberapa peranan serta kegiatan-kegiatan yang saya lakukan didalam keluarga. Saya berperan sebagai anak, hem bukan sekedar anak namanya jika kita di dalam keluarga itu hanya diam saja untuk itu saat saya sudah remaja saya mulai belajar untuk meringankan pekerjaan orangtua yang masih berhubungan dengan kita, kegiatan itu saya mulai dengan ; mencuci sepatu kita sendiri, merapihkan kamar tidur sendiri, mencuci piring dan kadang saya membantu orangtua mencuci pakaian . Dan kegiatan yang sering saya lakukan disore hari adalah menyapu dan mengepel lantai rumah sendiri serta biasanya dirumah suka disuruh-suruh ya meskipun kadang ada yang tidak terlaksana . Saat sudah dewasa peran kita semakin bertambah karena kita sebagai anak yang sudah bisa hidup mandiri harusnya kita bisa lebih meringankan beban orangtua dengan tidak membebankan pekerjaan rumah pada orangtua kita lagi . Selain itu dalam keluarga saya sebagai anak juga berperan mensupport dan memberi semangat pada kedua orangtua yang bekerja bila ada masalah kita bisa saling sharing atau cerita-cerita disini, saya juga bisa berperan memberikan solusi serta membantu mengenai apapun didalam keluarga tapi disesuaikan dengan kemampuan yang saya punya juga tentunya .

       Selain dalam berkeluarga kita pun hidup di dalam masyarakat yang tidak kalah penting dengan keluarga dalam membantu pengembangan diri kita . Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak mungkin hanya terlibat dengan keluarga saja, karena kita selalu hidup berdampingan juga dengan orang lain dan pastinya selalu bersosialisasi dengan yang lain, untuk itu kita juga pasti selama ini mempunyai peran atau kegiatan yang dilakukan di dalam suatu masyarakat . Beberapa contoh yang saya lakukan selama hidup bermasyarakat, saya terkadang mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan disekitar tempat tinggal saya seperti gotong royong kerja bakti membersihkan kali dan selokan supaya bersih serta nyaman dilihat, turut berpartisipasi dalam acara-acara yang diadakan dilingkungan sekitar, saya mengikuti sebuah perlombaan dan bahkan menjadi seorang dari panitianya . Dengan kita mengikuti seperti itu menurut saya itu dapat membantu kita dalam bersosialisasi lebih dalam dengan orang lain dan menambah teman yang kita kenal nantinya, misalnya kita mengenal orang semakin banyak itu sangat baik karena setiap saat kita bertemu pasti akan bertegur sapa dan bisa saling bantu membantu juga . Di dalam masyarakat dibutuhkan kerjasama dan sesuai kemampuan masing-masing yang kita miliki .

       Demikian sebuah peranan dan kegiatan yang saya dapat lakukan di dalam keluarga dan bermasyarakat serta masih banyak lagi peranan yang masih belum saya lakukan didalamnya dan menurut saya semakin banyak kita berteman semakin baik .

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s